"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"Kembali ke Grendeng" by Gus Sun

Reuni adalah sesuatu yang menarik untuk diceriterakan , banyak hal yang baru, tentang teman yang telah lama berpisah, lingkungan kampus yang telah lama ditinggalkan, budaya yang berubah, gaya hidup mahasiswa,kos-kosan mahasiswa yang berubah dan banyak hal lain yang berubah, sehingga kita menjadi asing dengan apa yang dulu pernah kita miliki . Fenomena menarik yang patut dicatat adalah kembali pada sesuatu yang pernah mendewasakan kita, sehingga kita dianggap manusia yang mempunyai intelektual , mampu menghadapi tantangan jaman. kebanggaan terhadap almamater adalah perilaku wajar yang dimiliki oleh setiap alumni, bahwa kita bisa menjadi orang dewasa yang mempunyai intelektual seperti sekarang ini pengaruh dari pendidikan yang pernah kita terima dari bangku kuliah, meskipun itu hanya salah satu dari variable yang mempengaruhi jalan hidup kita, tetapi perlu kita berpikir lebih rasional bahwa apakah almamater masih membutuhkan kita sebagai alumni ?
Lulusan atau alumni merupakan salah satu output langsung dari proses pendidikan yang dilakukan oleh perguruan tinggi, lulusan harus memiliki kompetensi akademik maupun soft skills yang diukur dari kinerja lulusan di masyarakat sesuai dengan profesinya, Perguruan tinggi berperan penting dalam analisis data akademik program studi yang menggambarkan kinerja perguruan tinggi secara keseluruhan untuk menilai karateristik profil dan pemetaan lulusan. Perguruan tinggi harus mempunyai mekanisme yang menjamin pemanfaatan hasil evaluasi dan pelacakan lulusan atau alumninya , Sehingga almamater dan alumni adalah satu kesatuan dalam Civitas Akademika yang tidak dapat dipisahkan , karena almamter yang unggul , itu karena alumninya, sebaliknya alumni yang berhasil karena almamternya.
Perjalanan bersama mas Weni ,mbak Atik.,,Cak Daryanto,, mas Ikhwan,cukup menyenangkan dan tidak menjenuhkan karena didalam mobil kita sempat diskusi bagaimana kondisi kampus tercinta yang sudah lama kita tinggalkan, apakah almamater masih membutuhkan kita sebagai alumninya ? bagaimana sambutannya ? apa nanti kita dibiarkan seperti pada waktu kita dilepas dulu ? …… Tetapi setelah kita sampai di kampus kita tercinta , apa yang kita takutkan … tidak terjadi , kita disambut oleh para penerima tamu yang ramah ,adik-adik mahasiswa dengan memakai jaket almamater dengan bordiran logo Unsoed didada sehingga tampak elegan dan sedap dipandang, sambutan dari rektor dan jajarannya cukup hangat,, banyak hal yang berubah dan sangat membanggakan sebagai alumni unsoed . Dalam pertemuan alumni tersebut ada beberapa acara, mulai pelantikan pengurus Pusat Alumni Unsoed, seminar, dan Sarasehan. yang menarik pada acara sarasehan ada salah satu aktivis mahasiswa mengusulkan agar alumni memberikan bea siswa dan modal untuk kegiatan kewirausaan,seperti yang dilakukan UI, ITB dan lain sebagainya. Dalam hati saya saya berpikir bahwa alumni belum punya uang ,dan kita harus berpikir bagaimana mendapatkan uang ,dan semua itu butuh pemikiran ,ide-ide yang kreatif dari anda semua sebagai alumni UNSOED.
Setelah acara selesai kita semua kembali ke Surabaya cak daryanto turun di sokaraja tetapi mbak ratna dan mas heru bergabung dengan kita , sehingga sepanjang perjalanan suasana semakin suegerrr ….karena mbak ratna dan mas Heru yang senang Humor sehingga yang lagi kebagian giliran dibelakang setir tidak ngantuk,. Mas Heru yang suka humor, semuanya terlibat dalam diskusi yang segar, mulai diskusi yang serius tentang pertemuan alumni tsb , sampai dengan Guyonan yang sueger dan sedikit “Saru”, misalnya ada beberapa kata yang saya ingat : kata-kata mbako iku enak, lali iku enak, tuek nek lanang iku nggak opo opo dan kata-kata lainnya yang tidak dapat saya sebutkan , karena takut dicekal oleh redaksi
Demikian kisah perjalanan ke grendeng yang penuh dengan tawa dan canda

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]