"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"Jer Basuki Mawa Bea" By Errie Sasmito


Jer Basuki Mawa Bea, petuah dalam bahasa Jawa ini , dalam konteks kewirausahaan diterjemahkan bebas berarti Untuk Meraih Kesuksesan ada Harga yang harus dibayarkan. Dalam bahasa Inggris dikenal juga petuah : “There is always a Price for Success”, atau yang lebih simple, “There is No Free Lunch”, intinya kira-kira hampir sama.
Meskipun makna filosofis dari Jer Basuki Mawa Bea, lebih luas daripada sekedar Materi dan hal-hal yang kasat mata, namun dalam catatan ini, saya ingin menyampaikan dalam konteks kewirausahaan.
Dalam konteks pencapaian Basuki, kadang kita ingin meraih Basuki pada level tertentu, namun luput mengenali dan menetapkan, berapa Harga yang harus kita bayar untuk mencapainya.
Kita perlu mengenali dan mendalami makna filosofis Jer Basuki Mawa Bea secara benar, sehingga kita tidak kelelahan dan putus asa, ketika "Basuki" yang kita harapkan tidak kunjung datang.
Kadang orang tertipu, atau bahkan mungkin menipu dirinya sendiri, ingin mendapatkan Basuki tanpa mengeluarkan Bea yang cukup, ibarat orang yang ingin menang lotere, duduk manis, dan berharap menang undian, bahkan yang lebih parah lagi, ada orang ingin mendapatkan hadiah undian lotere, padahal dia tidak membeli tiket lotere.
Basuki dan Bea, dalam pandangan saya seperti dua kutub yang berlawanan, namun menjalin hubungan psikologis yang sangat harmonis , dalam korelasi Pencapaian dan Perjuangan. Makna Jer Basuki Mawa Bea, dalam peribahasa Indonesia satu jalur dengan Berakit-rakit ke Hulu , Berenang-renang ke Tepian. Pencapaian Basuki yang hakiki idealnya sesuai dengan Bea yang dibayarkan, begitulah Sunattullah hukum Keseimbangan.

Lantas apa peran Doa ? menurut pandangan saya, Doa adalah perangkat semacam Kompas dalam meraih Basuki sesuai Bea yang kita bayarkan, bukan Kendaraan. Jadi janganlah kita hanya Berdoa dan Berdoa, dan berharap kita meraih Basuki.

Bahkan dalam berdoa pun kita sering keliru, kita berdoa minta kepada Allah agar diberikan kesehatan, kesuksesan, kekayaan, dll. sehingga terkesan kita Menyuruh Allah untuk memberikan hasil akhir dari Doa kita. Padahal semestinya Doa kita adalah agar diberikan Kekuatan, Ketabahan, Ketekunan, Kesabaran, dll. agar kita dapat meraih Basuki. Dalam pepatah Londo, We do the Best, God will do the Rest.

Keberuntungan ? itu adalah Hadiah dari Allah, atas segala upaya dan perjuangan kita dalam mengambil setiap kesempatan dan tantangan dalam kehidupan.

Bagaimana Pendapat Anda ????

Selamat Berjuang Meraih Basuki.


Salam KaUnsoed

PuriMediterania Semarang

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]