"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"Serangan Jantung" By Agus Brenk


"Serangan Jantung"
Menurut kata sang ahli di bidang Radiologi, penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Katanya pula data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2005 saja data menunjukkan bahwa sebanyak 30 persen kematian terjadi akibat penyakit ini, lhah ..apalagi sekarang ya?
Karena penyakit ini merupakan termasuk penyakit nomer wahid penyebab kematian, maka untuk preventive kiranya tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mengenali secara dini gejala / tanda-tanda penyakit ini. Menurut para ahli ada lima gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai apabila rekan-rekan merasakan atau menemui gejala-gejala yang saya sampaikan ini, sebaiknya tidak diremehkan dan segera ke dokter spesialis jantung/ rumah sakit yang mempunyai peralatan yang memadai, sehingga kemungkinan terjelek yang akan dialami bisa di atasi sedini mungkin.
Lima gejala serangan jantung tersebut adalah :
1. Pada saat melakukan aktivitas “BIBIR” nampak kebiruan;
2. Saat melakukan aktivitas, baik berjalan biasa, berjalan jauh maupun kala saat bekerja berat terdapat rasa “NYERI DADA”, rasanya seperti rasa tertekan berat, dan biasanya “SESAK NAPAS”;
3. “JANTUNG BERDEBAR-DEBAR” tanpa sebab;
4. “SESAK NAPAS” pada saat tidur tanpa bantal;
5. Tungkai bawah “BENGKAK”
Menurut para ahli, katanya faktor pemicu terjadinya penyakit jantung lebih cepat adalah karena : “GAYA HIDUP dan POLA MAKAN” yang buruk / tidak sehat, seperti :
• POLA MAKAN yang buruk antara lain : sering melakukan diet sembarangan; kurang serat; tinggi garam; tinggi lemak;
• GAYA HIDUP tidak sehat antara lain : pengendalian tingkat “stress”yang jelek; mengkonsumsi alkohol; merokok, serta yang pasti kurang aktivitas fisik/olahraga teratur;
Kata orang ahli pula, faktor penunjang terjadinya penyakit jantung/ berpotensi berpenyakit jantung adalah :
• Para pengidap Hipertensi, Diabetes Melitus dan Obesitas.
Sekali lagi menurut sang ahlinya pula nich… bahwa biasanya penyakit ini sebenarnya banyak diderita oleh orang yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, tapi sekarang mereka yang masih berusia di bawah 30 tahun pun, sudah banyak yang menderita penyakit mematikan ini.
Sekarang apa yang harus kita lakukan ? …Kayanya mau tidak maulah , sekaranglah saatnya bagi kita untuk kembali melakukan “POLA HIDUP” yang baik dan sehat dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
 beribadah yang ikhlas;
 berpikir positif, terhadap kehidupan;
 mengatur pola makan yang sehat;
 memperbaiki pola hidup;
 melakukan olah raga yang terpola, teratur dan terukur;
Dengan melakukan hal tersebut ……….INSYA ALLAH, shohib, rekan-rekan, kita akan lebih ber-”SYUKUR” dan “SEHAT” Amin, and jangan lupa olah raga………!!!!.........“SEPEDAAN” Y U U KK.

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]