"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





Agar Password Tidak Mudah Ditembus



Memilih password atau kata kunci kini memang tidak mudah. Apalagi dengan banyaknya layanan "daring" pengguna harus memiliki banyak password untuk keperluan login yang berbeda, seperti email, akun facebook, twitter dll.
Namun, memilih kata "password" sebagai kata kunci di dunia jejaring bukanlah hal bijak. Bahkan, kata itu merupakan kata kunci terburuk yang berpotensi disusupi oleh peretas (hacker).

Jadi variasikan jenis karakter dalam password anda, termasuk angka, huruf, dan karakter khusus bila mungkin.
"Password" menduduki peringkat pertama dalam 20 kata kunci terburuk yang dirilis oleh layanan aplikasi manajemen password Splash Data. Kata "password" dengan mengganti o menjadi nol, juga bukan hal yang pintar karena menempati peringkat 18 dalam daftar tersebut.
Agar semakin aman, banyak situs yang mengharuskan pengguna mencantumkan kombinasi huruf dan angka. Tapi tak banyak yang kreatif karena penggunaan kombinasi "abc123" dan "trustno1" menjadi pilihan kata kunci yang paling populer.


Splash Data membuat sebuah daftar peringkat kata kunci yang paling banyak dicuri para hacker. Sepuluh teratas ialah "password", "123456", "12345678", "qwerty", "abc123", "monkey", " 12334567", "letmein", "trustno1" dan "dragon". 
Lainnya merupakan kata-kata sederhana yang sering terlintas di pikiran, seperti "iloveyou", "sunshine" dan "superman" dll

Morgan Slain, CEO Splash Data, mendesak pihak bisnis dan konsumen yang menggunakan kata kunci apapun yang tertera pada daftar itu untuk mengubahnya segera.
"Hacker" dapat dengan mudah masuk ke dalam banyak akun hanya dengan berulang kali mencoba password umum " kata Slain. "Bahkan meskipun orang-orang didorong untuk memilih kata kunci yang aman dan kuat, banyak yang terus memilih yang lemah sehingga mudah ditebak. Hal ini menempatkan pengguna pada resiko penipuan dan pencurian identitas.

Slain memberikan beberapa tips untuk memilih kata kunci yang baik. Pertama, variasikan jenis karakter dalam password anda, termasuk angka, huruf dan karakter khusus bila mungkin. Kedua, buatlah kata kunci dengan 8 karakter atau lebih. Pisahkan kata-kata singkat dengan spasi atau garis bawah. Terakhir, jangan menggunakan kombinbasi password dan username untuk beberapa situs. Setujukah anda? Sudah amankah password anda?


Sumber: mediaindonesia 

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]