"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"Apa yang Harus Dilakukan pada Jaringan Sosial"



Jaringan sosial, seperti facebook, twitter, YM dan lainnya dapat menjadi keuntungan yang besar, seperti mendapatkan pelanggan baru untuk produk atau jasa yang dijual atau kembali berhubungan dengan teman-teman yang sudah lama. Disamping itu, jaringan sosial juga dapat membawa kerugian, misalnya dapat merusak reputasi, membuat Anda patah hati dan memiliki hubungan-hubungan pertemanan yang tidak jelas, nah...
Penggunaan jaringan sosial sangatlah begitu mudah, tetapi tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita benar-benar telah membaca syarat dan kondisi dari jaringan sosial yang kita gunakan? Pada kenyataannya, banyak orang yang tidak melakukannya. Dan berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda perhatikan dalam menggunakan jaringan sosial.

Hal yang HARUS dilakukan dalam jaringan sosial :

1. Ketahui siapa teman-teman Anda
Yang satu ini jelas harus dilakukan. Orang asing adalah satu hal yang perlu dihindari, tapi bagaimana dengan rekan kerja atau atasan di perusahaan Anda yang tidak dapat menyetujui hal-hal seperti foto-foto atau status update yang menggerutu atau gosip tentang pekerjaan? Jika Anda tipe orang yang suka posting hal-hal seperti ini, Anda ingin memastikan bahwa orang-orang tertentu tidak melihat status Anda.

Jika Anda pernah berada di situs jaringan sosial, Anda mungkin pernah mendapatkan pesan seperti ini. Seseorang yang belum pernah Anda dengar, meminta untuk menjadi teman Anda, biasanya disertakan dengan gambar yang menarik. Jika Anda menerima mereka sebagai teman, Anda akan mendapatkan torrent permainan, aplikasi yang lainnya dan spam iklan.

2. Penggunaan password
Anda harus menggunakan password yang berbeda untuk jaringan sosial Anda seperti yang Anda lakukan untuk kunci akun Anda. Fitur proteksi password pada jaringan sosial masih jauh di belakang aplikasi-aplikasi lain, dan jika Anda kehilangan kontrol dari akun jaringan sosial, Anda akan ingin meminimalkan efek atau resiko dari kehilangan password.

Idealnya Anda harus memiliki password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda gunakan, tetapi di dunia nyata itu hal yang tidak mungkin. Kemudian pastikan Anda sudah logout ketika selesai menggunakan jaringan sosial sehingga tidak memberikan kesempatan orang lain memakai akun jaringan sosial Anda untuk tindak kejahatan.

3. Pendidikan, pendidikan, dan pendidikan
Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda memiliki pemahaman yang cukup wajar apa yang harus dan tidak boleh dilakukan pada situs jaringan sosial. Jika Anda seorang manajer atau pemilik usaha kecil, itu ide yang baik untuk membuat suatu kebijakan dan pedoman kepada karyawan tentang perilaku seperti apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan pada tempat kerja.

Itu bahkan lebih serius bagi anak-anak. Internet bisa menjadi tempat yang berbahaya, dan anak-anak perlu tahu bagaimana melindungi informasi mereka dan jenis situasi seperti apa yang harus mereka hindari.

4. Aplikasi-aplikasi pertanyaan
Aplikasi-aplikasi palsu mulai meningkat dan muncul di Facebook yang memiliki resiko keamanan besar bagi pencurian identitas pribadi Anda. Jika suatu aplikasi terlihat agak aneh, Anda harus berpikir dua kali sebelum menginstal dan memberikan akses ke informasi pribadi Anda.

5. Lindungi informasi pribadi Anda
Yang satu ini adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Pengguna benar-benar harus tahu bagaimana menggunakan kontrol privasi Facebook dan cara mengamankan informasi yang mereka simpan. Informasi pribadi adalah uang dan kekuasaan pada saat ini. Pengiklan ingin tahu apa yang Anda jual, peneliti ingin mencari tahu tentang Anda dan kadang-kadang seseorang ingin merampok dari Anda.

Setiap informasi pribadi Anda yang benar-benar penting harus dibuang dari aplikasi, dan jangan terlalu bebas dan mudah dengan apa pun yang Anda simpan secara online.

Selamat berjejaring sosial...

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]