"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"Agar Pernikahan Tetap Harmonis" By Agus Bod

Pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral, sampai-sampai mereka memiliki satu prinsip yang sangat dasar yaitu menikah sekali seumur hidup. Oleh karena itu, mereka yang akan melangkah ke satu jenjang pernikahan harus mengenal lebih dekat atau istilah kata bibit bebet dan bobot dari pasangan harus jelas. Bahkan ada juga pasangan yang melakukan perjanjian pranikah sebelum melangkah ke pelaminan.

Setiap pasangan mulai dari berteman, pacaran bahkan pasangan menikah pun pastinya akan ditimpa berbagai macam permasalahan. Mulai dari masalah kecil yang bisa menjadi besar, apalagi jika sudah tidak ada komunikasi diantaranya. Bahkan ditengah jalan, akibat dari berbagai permasalahan, sebuah pasangan keluarga bisa retak.
Nah, sekarang bagaimana jika pernikahan Anda ingin langgeng? ada beberapa hal yang harus dihindari dalam perjalanan pernikahan yaitu : 

Kurangnya rasa hormat. Sebagai pasangan, kita harus bisa saling menghormati, karena dengan saling menghormati keluarga kita akan terjalin dengan harmonis. Misalnya dengan menghindari kata yang bisa menyakitkan perasaan pasangan atau jangan membicarakan keburukan pasangan Anda pada teman.

Selalu merasa diri sendiri paling benar.
Jangan terlalu sering Anda memarahi pasangan karena Anda bisa menyakiti perasaannya apalagi jika memarahi di depan umum. Tanpa disadari Anda telah membuka aib keluarga Anda. Cobalah untuk menjaga hubungan yang seimbang, dengan saling memberi saran atau masukan tanpa mengeluarkan emosi. Yang lebih penting adalah jangan pernah menasihati pasangan dengan nasihat yang kita sendiri tak bisa memenuhinya.

Bersikap mengesalkan. Tanpa kita sadari, kadang kita memiliki kebiasaan yang kurang disenangi pasangan. Cobalah untuk dewasa, berubahlah demi pasangan dengan mengurangi hal-hal yang bisa mengesalkan pasangan.

Kurang mendengarkan pasangan. Jangan pernah memotong pembicaraan jika pasangan Anda sedang berbicara. Cobalah untuk memperhatikan apa yang dibicarakan oleh pasangan Anda.

Kurang kehangatan seksual. Salah satu kunci keharmonisan keluarga adalah seks. Oleh karena itu, jika timbul masalah dengan masalah ranjang, konsultasikan dengan ahli.

Sering berbohong atau banyak menyimpan rahasia.
Saling tahu satu sama lain akan lebih membuat hubungan terasa nyaman, karena itu hindari terlalu banyak menyimpan rahasia pribadi pada pasangan. Jangan sering mengatakan sesuatu yang tak ada realisasinya, sebab hal itu akan mengecewakan pasangan.

Emosi tak terkendali. Mengendalikan emosi saat terjadi perbedaan pendapat adalah sebuah tindakan yang bisa melanggengkan pernikahan.

Keterlaluan dalam bercanda. Sebuah gurauan kadang memang menyenangkan, tapi kalau kebablasan, bisa menyinggung pasangan. Hati-hati melontarkan joke kepada pasangan. Ini memang masalah kecil, namun jika berlebihan kita tidak sadar kalau sudah berkata yang menyinggung perasaanya bisa merusak hubungan keluarga.

Yang lebih penting adalah, jangan pernah berselingkuh jika ingin hubungan Anda tetap berlanjut harmonis.
" Bagaimanapun,  kita sudah punya keluarga yang sangat sayang sampai sekarang, tidak meninggalkan kita disaat kita sedang berjuang..."


Sumber: Diolah dan ditulis kembali dari psikologi-seru.com.


Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]