"PRAKATA REDAKSI"

Salam Alumnus,

Selamat Tahun Baru 2015

VIVA UNSOED





"PENGANTAR PERGURUAN NURUL ILMI" By Oni Arif Benyamin


Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Yang menguasai hari pembalasan.
Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
Tunjukilah kami jalan yang lurus.
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
QS. al-Fatihah (1) : 1 - 7


SEBUAH KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Salam dan salawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman,



Sahabat yang saya muliakan, ini adalah blog yang saya buat dan saya beri nama PERGURUAN NURUL ILMI.

Penamaan seperti itu menandakan bahwa tulisan-tulisan saya dalam blog ini adalah menyangkut hal-hal keagamaan (Islam) dengan kekhususan mengenai bab perihal ILMU dan masalah seputarnya.

dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Asakir, Nabi Muhammad bersabda "Man arada ad-dunya fa’alaihi bi al-’ilmi wa man arada al-akhira fa’alaihi bi al-’ilmi wa man aradahuma fa’alaihi bi al-’ilmi" (Barangsiapa menghendaki kebahagiaan di dunia dengan ilmu, barangsiapa menghendaki kebahagiaan di akhirat dengan ilmu, dan barangsiapa menghendaki kebahagiaan pada keduanya dengan ilmu).

Pembuatan blog ini adalah sebuah "perjalanan" baru buat saya, yang berisi rangkaian tulisan-tulisan yang merupakan buah pikir selama 43 tahun masa hidup saya, lebih khusus lagi merupakan rangkaian refleksi keagamaan (Islam) yang saya dalami.

Jadi tulisan-tulisan saya merupakan hasil dari olah baca (membaca), olah fikir (tafakur), dan olah tindak (pengalaman).

Sahabat yang dirahmati Allah,

Adalah sebuah ilmu dimana ilmu tersebut merupakan sebab musabab terciptanya manusia, sebuah ilmu dimana manusia diberikan hak khusus untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Dengannya manusia menjadi mahluk paling mulia disisi Allah.

Ilmu tersebut bernama Al Ilmi Al Anbiya. Ilmunya para Nabi.

seluruh tulisan saya dalam blog ini akan berkisar pada Al Ilmi Al Anbiya itu.

Terdapat hal penting yang perlu saya kemukakan dalam pengantar kata ini :

1. Sungguh amatlah beratnya saya menyampaikan risalah mengenai Al Ilmi Al Anbiya ini, oleh karena beratlah tanggungan saya memikul risalah ilmu ini. Oleh karena itu, dalam hal ini saya hanyalah sekedar MEMBERIKAN INFORMASI tentang ilmu ini, tidaklah lebih.

2. Apabila bukan karena KEWAJIBAN setiap muslim untuk saling memberikan syiar dan dakwah kepada sesama, tentunya tidaklah saya berani untuk menulis dan menyampaikan Al Ilmi Al Anbiya ini.

3. Kenabian telah berakhir, namun ILMU kenabian masihlah berjalan hingga akhir zaman. Ulama adalah pewaris para Nabi. Dan yang diwariskan oleh para nabi adalah ilmu itu sendiri, itulah Al Ilmi Al Anbiya.

4. Dengan Al Ilmi Al Anbiya tersebut, tidaklah sekali-sekali kita menjadi seorang Nabi, ataupun memiliki sifat dan sikap seperti Nabi. Walaupun kita diwajibkan untuk men-suri tauladankan sikap dan perilaku Nabi, namun dalam hal ini betapa hanyalah sedikit Ilmu para nabi itu kita miliki dan kita teladani. Tentunya Ilmu para Nabi itu amatlah agung, dalam dan besar. Sementara yang dapat kita miliki tidaklah lebih melainkan amat sedikit.

Sahabat yang saya muliakan,

Risalah Al Ilmi Al Anbiya (yang saya "coba" tuliskan nanti dalam bab-bab Perguruan Nurul Ilmi ini) memiliki tujuan khusus dan tujuan umum.

Tujuan umumnya adalah :

1. Risalah Al Ilmi Al Anbiya ditujukan kepada orang yang ingin bertaubat, ingin menjalani hidupnya dengan tenang, damai dan bersih.

2. Risalah Al Ilmi Al Anbiya ditujukan kepada orang yang ingin lebih dalam beribadah, lebih khusyu dalam sholatnya, dan lebih baik dalam beramal, lebih indah dalam beribadah.

3. Risalah Al Ilmi Al Anbiya ditujukan kepada orang yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan cinta dan kasih sayang Nya.

4. Risalah Al Ilmi Al Anbiya ditujukan kepada orang yang ingin mendapatkan kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat.

arti kesemuanya itu adalah Risalah Al Ilmi Al Anbiya ini secara khusus ditujukan kepada pribadi-pribadi yang sedang berusaha menempuh perjalanan di jalan yang lurus. Sebuah jalan yang diberikannya ampunan, ridho dan kasih sayang Illahi Robbul Alamin.

Sementara itu arti dan tujuan penyampaian Risalah Al Ilmi Al Anbiya ini secara khusus adalah menyangkut kehidupan sosial kemasyarakatan kita.

Kerusakan kehidupan sosial di masyarakat seperti KKN, Judi, Pembunuhan, Pencurian, Homoseksual, Seks Bebas, dll, merupakan penyakit hati secara individu, walaupun mungkin saja dilakukan secara berkelompok. Namun hakikatnya semua kerusakan itu berpangkal dari hati yang kotor. Sebuah penyakit hati.

Tidaklah ada sebuah obat untuk semua penyakit hati itu kecuali berasalkan dari pembersihan yang digerakkan oleh sebuah nafas keagamaan.

Dengan Al Ilmi Al Anbiya ini, maka hati yang kotor menjadi bersih. Masyarakat yang zalim akan menjadi adil. Al Ilmi Al Anbiya ditujukan untuk memberikan upaya didalam memberantas penyakit masyarakat yang kini melanda dunia kita.

Demikianlah yang dapat saya urai dalam pengantar kata ini.

Dalam tulisan saya selanjutnya saya akan memulai Risalah Al Ilmi Al Anbiya itu adanya.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh,

hormat saya

ONI ARIEF BENYAMIN.
Alumnus FH Unsoed angkatan 1987
http://perguruannurulilmi.blogspot.com/

Form Sumbangan Artikel, Konsultasi, Kritik & Saran Anda


Nama
Email
Judul
Artikel/Uraian
Image Verification
captcha
Masukkan Kode di Sebelah Ini:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]